Monday 20 August 2018

Dissolved Gas Analysis (DGA) – Part III


Tipe-tipe Gangguan
Berdasarkan inspeksi internal yang dilakukan pada ratusan trafo yang terganggu, berikut adalah 5 tipikal kerusakan trafo beserta kodenya sebagaimana disebutkan dalam IEC 60599:

1. Partial Discharge (PD)
Partial discharge dari sebuah korona menghasilkan dekomposisi pada isolasi kertas, bahkan jika berbentuk spark akan menghasilkan lubang dan karbonisasi pada isolasi kertas. Namun, tipe ini sangat sulit untuk ditemukan, salah satunya dikarenakan lokasinya.

2. Discharge of Low Energy (D1)
Kondisi ini dapat terjadi pada isolasi kertas maupun minyak isolasi. Pada isolasi kertas, karbonisasi dapat terjadi di permukaan (tracking) atau hingga ke dalam struktur isolasi kertas. Pada minyak isolasi, partikel karbon dapat terbentuk khususnya di bagian diverter switch, untuk trafo yang dilengkapi OLTC (on-load tap changer)

3. Discharge of High Energy (D2)
Kondisi ini ditandai dengan kerusakan dan karbonisasi yang lebih parah pada isolasi kertas, pelelehan metal pada titik pusat discharge dan kondisi karbonisasi pada minyak isolasi yang lebih ekstrim.

4. Thermal Fault (T1 atau T2)
Dikategorikan sebagai T1 apabila temperatur gangguan di bawah 300°C, ditandai dengan perubahan warna isolasi kertas menjadi kecoklatan. Kategori T2 diberikan apabila temperatur gangguan di atas 300°C, ditandai dengan munculnya karbonisasi.

5. Thermal Fault (T3)
Kategori ini diberikan apabila temperatur gangguan di atas 700°C, ditandai karbonisasi minyak isolasi yang sangat parah, adanya perubahan warna metal (800°C) dan atau pelelehan metal (>1000°C)

to be continued to part 4...
Before: Part 2

Paiton, 20 Agustus 2018 19.22 

No comments:

Post a Comment