Tuesday 3 July 2012

Mengapa lambang arus adalah I ?

Seperti chapter yang membahas lambang tegangan, tulisan ini juga didasari rasa ingin tahu, lebih tepatnya adalah iseng. Kalau tegangan (voltage) disingkat sebagai V, maka saya tidak penasaran lagi. Namun, saat arus (dalam bahasa Inggris disebut current) dilambangkan sebagai I, bukan C. Rasa penasaran ini sudah berlangsung sejak kelas 2 SMA, sekitar tahun 2004. Namun, baru mencarinya baru-baru ini. Sudah obsolete, namun bisa jadi bahan tulisan.

Pada saat kuliah, literatur dari penulis Jerman juga menggunakan lambang I untuk arus. Arus, yang didefinisikan sebagai banyaknya aliran muatan tiap satuan waktu, memiliki satuan ampere (disingkat A) sebagai penghargaan kepada Andre-Marie Ampere (1775–1836), yang menemukan Hukum Ampere I dan II, yang menjadi rumus dasar dunia elektrik, akan dibahas di chapter-chapter selanjutnya.

Ternyata, wikipedia menyajikan jawaban yang jelas tentang keingintahuan saya. Hukum Ampere (yang merupakan dasar hukum-hukum listrik) yang ditemukan oleh Andre-Marie Ampere di Prancis pada tahun 1820, menyebut arus sebagai intesite de courant. Istilah ini menyebar ke Inggris, dan disebut sebagai current intesity. Hingga tahun 1896, singkatan C atau I masih digunakan untuk melambangkan arus listrik. Namun setelahnya, lambang I dipakai secara universal.

Untuk mendukung proses belajar dengan literatur bahasa asing atau istilah bahasa Indonesia, berikut ada beberapa situs yang memberikan definisi kata:
1. Kamus bahasa Jerman : http://www.jot.de/kamus/kj.cgi?wort=Ursache&suchtyp=standard&vrs=20082
2. Kamus bahasa Inggris-Oxford: http://oxforddictionaries.com/?region=us
3. Kamus bahasa Inggris-Longman: http://www.ldoceonline.com
5. Kamus Besar Bahasa Indonesia: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Semoga berguna.

Ref:
http://en.wikipedia.org/wiki/Electric_current

Paiton, Tuesday July 3rd 2012, 21:53

10 comments:

  1. Makasih banget! Saya akhirnya jadi tau mengapa Arus dilambangkan dengan huruf I.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, sangat membantu.
    Tahu juga tidak kenapa intensitas cahaya dimensinya J?

    ReplyDelete
  3. Mantappp .. saya sangat senang atas ilmunya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih. Akhirnya ketemu apa itu I.

    ReplyDelete