Tuesday 22 December 2015

Insulation Resistance Test – Part II


 
Tegangan Injeksi pada Insulation Resistance Test (IRT)
Pada dasarnya, besarnya injeksi tegangan DC pada lilitan sebisa mungkin lebih rendah dari tegangan nominal operaasi mesin. Hal ini akan lebih sensitif ketika diaplikasikan pada mesin kecil, mesin tegangan rendah dan isolasi dalam keadaan lembab. Apabila tegangan terlalu tiggi, dikhawatirkan isolasi akan mengalami stress sehingga isolasi akan menjadi rusak. Tentu saja hal ini harus dihindari karena sifat dari IRT adalah non-destructive test (pengujian tidak merusak).
IRT biasanya dilakukan dengan menginjeksikan tegangan DC 500-10 000 volt. Tegangan yang diinjeksikan bervariasi berdasarkan tabel 1. Lama waktu injeksi yang digunakan adalh 1 menit. Sebagai catatan, tegangan lilitan berarti tegangan phase-to-phase untuk mesin 3 fasa, sedangkan untuk mesin satu fase atau DC berarti tegangan line-to-ground.
Table 1. Tabel Tegangan Injeksi untuk Berbagai Tegangan Operasi

Setelah IRT selesai dilakukan, sebaiknya winding digroundkan. Hal ini bertujuan untuk membuang muatan setelah injeksi tegangan DC (discharge current).

Polarization Index (PI) Test
Apabila IRT diaplikasikan lebih dari 1 menit sebagaimana prosedur biasa, maka kondisi isolasi yang berbeda akan memberikan karakteristik yang berbeda pula. Dengan kata lain, IRT lebih dari 1 menit dapat memberikan informasi mengenai kondisi isolasi dengan lebih spesifik. Dengan demikian, muncullah satu tes tambahan untuk melengkapi prosedur IRT yang disebut Polarization Index (PI). PI didefinisikan sebagai perbandingan antaara IRT10min terhadap IRT1min. Meskipun data yang digunakan pada kalkulasi adalah data pengukuran 1 menit dan 10 menit, namun data pada beberapa titik harus tetap dicatat. Data ini nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi tambahan (akan dibahas pada bagian selanjutnya). Data pengukuran yang direkomendasikan untuk dicatat adalah data pengukuran ke 15s, 30s, 45s, 1 min, 1.5 min, 2 min, 3 min, 4 min, 5 min, 6 min, 7 min, 8 min, 9 min dan 10 min. 

to be continued....

Paiton, 22 Dec 2015 19:59 

4 comments:

  1. Disalin dari IEEE Std 43-2000 Tabel 1 Pak Bos.

    ReplyDelete
  2. tambah lagi pak coretannya, terima kasih ilmu nya

    ReplyDelete
  3. Update postingan part 3 untuk materi yang sama

    ReplyDelete