Wednesday 3 February 2016

Turbine Governing System – Part I



Foreword
Beberapa waktu yang lalu , telah disinggung sedikit masalah governor pada link. Pada bagian ini, akan dipaparkan bagaimana prinsip kerja dari sebuah governor serta aplikasinya dalam sistem pembangkitan.
Pada sebuah sistem pembangkitan tenaga listrik, sebuah generator sinkron pada umumnya digerakkan oleh turbin; baik itu turbin uap, turbin gas atau water turbine. Agar turbin dapat bekerja dengan baik, dalam artian dapat melakukan starting-up, rolling-up, sinkronisasi, speed/load control, overspeed control dan emergency stop, maka turbin memerlukan sebuah peralatan (complete set) yang disebut Turbine Governing System.

Mechanical Governing System:
Pada awal perkembangannya, Turbine Governing System bertipe Mechanical-Hydraulic sangatlah populer. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi elektronik, pada saat ini sudah mengalami pergeseran. Electro-hydraulic telah menjadi primadona dalam Turbine Governing System. Hal ini disebabkan karena kemudahan ketika melakukan tuning serta aksi kontrol yang lebih presisi dan cepat.
Namun, untuk memahami dasar-dasar Turbine Governing System, maka akan dipaparkan dulu mengenai governor bertipe Mechanical-Hydraulic. Governor ini menggunakan prinsip Mekanisme Sentrifugal Watt. Secara sederhana, mekanisme tersebut ditunjukkan pada gambar 1.

Gambar 1. Mechanical-Hydraulic Governing System pada Turbin Uap

Pada governor tipe ini, governor mengukur kecepatan turbin melalui speed measurement device. Ketinggian spring-loaded weight akan mengindikasikan besarnya kecepatan turbin. Pada saat torsi mekanik turbin sama dengan torsi elektromagnetik generator, maka kecepatan rotasional turbin-generator akan konstan. Hal ini akan menyebabkan posisi spring-loaded weight akan tetap.
Apabila beban listrik naik, maka torsi elektromagnetik juga akan naik. Karena torsi mekanik turbin cenderung konstan, maka kecepatan rotasional turbin akan turun. Hal ini akan menyebabkan titik A pada governor floating lever  bergerak naik. Karena A-B-C berada pada satu lengan, maka naiknya posisi titik A juga mengakibatkan naiknya posisi titik B.
Naiknya posisi titik B berakibat pada bertambahnya bukaan pilot valve yang menuju servo-motor. Perbedaan tekanan pada piston di dalam servo-motor  menyebabkan bertambahnya bukaan steam-valve ke arah turbin yang artinya menambah suplai uap.
Pergerakan piston di dalam servo-motor juga akan menyebabkan pergerakan titik D-E-I dan H ke arah bawah. Pergerakan ini akan diikuti oleh pergerkan speeder-gear  di titik G. Karena lengan A-B-C terkoneksi dengan ­speeder-gear di titik C, maka pergerakan speeder-gear akan mengurangi suplai oli melalui pilot valve.
Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa governor tipe ini memiliki dua feedback  yaitu:
-   Speed feedback          : dari Speed measuring device
-   Valve position             : dari steam valve, pilot valve  dan titik D-E-I-H-C

Ada dua fungsi yang terdapat pada speeder gear, yaitu:
1.   Mengontrol kecepatan generator saat belum sinkron
2.   Mengontrol beban generator ketika sudah sinkron

Kelemahan utama dari governor bertipe Sentrifugal Watt adalah adanya deadband  yang cukup lebar dan akurasi yang tidak begitu bagus. Siring berlangsungnya penggunaan, deadban-nya akan semakin lebar disebabkan oleh ausnya peralatan mekanik pada sistem tersebut. Untuk mengatasi masalah-masalah diatas, maka Electro-Hydraulic Governor akan dijelaskan dalam postingan berikutnya.

To be continued....
Paiton, 3 Feb 2016 19.00 

No comments:

Post a Comment