Wednesday 5 December 2018

Dasar Sistem Proteksi – Part III

System Disturbance
Berdasarkan IEEE Std 100-1992 IEEE Standard Dictionary of Electrical and Electronics Terms, secara umum disturbance didefinisikan sebagai terjadinya variabel yang tidak diinginkan pada suatu sistem dimana kondisi ini cenderung berakibat buruk terhdap nilai variabel yang dikontrol.

Disturbance yang terjadi pada sistem daya elektrik sangat bervarisi, baik itu magnitudo maupun karakteristiknya. Dengan demikian, mengetahui sifat dan identifikasi yang mendalam terhadap disturbance akan memberikan manfaat dalam studi sistem proteksi.

Sebetulnya, terdapat beberapa klasifikasi dari system disturbance. Namun dalam artikel ini, akan digunakan klasifikasi sebagaimana yang digunakan oleh Security Assessment of Power System, U. S. Energy Research and Development Administration, dimana terdapat dua jenis disturbance yaitu:

1. Load Disturbance
Fluktuasi kecil yang bersifat acak yang terjadi karena variasi beban.

2. Event Disturbance
- gangguan sistem transmisi yang diakibatkan oleh malfungsi peraalatan atau kondisi alam seperti petir
- aksi bertingkat (caascding action) sebagai akibat dari bekerjnya suatu sistem proteksi di suatu sub-sistem yang menimbulkan kondisi overload  pada sub-sistem sisanya
- lepasnya unit pembangkitan sebagai akibat lepas sinkron atau gangguan pada sistem pembangkitan

Load disturbance sebetulnya merupakan bagian dari pengoperasian sistem daya karena sepanjang pengoperasiannya, frekuensi dan tegangan merupakan dua besaran yang nilainya selalu berubah-ubah. Dalam load disturbance yang umum, perubahan tersebut dipandang sangat kecil sehingga tidak memerlukan aksi dari sistem proteksi. Namun load disturbance yang besar memiliki kemungkinan untuk terjadi sebagai akibat lepasnya jaringan transmisi atau pembangkitan, ditandai dengan variasi tegangan dan frekuensi yang ekstrim.

Di sisi lain, event disturbance yang kecil juga merupakan bagian dari pengopersian sistem daya. Namun secara umum, event disturbance membutuhkan respon dari sistem proteksi. Jika tidak, maka akan menimbulkan gangguan yang lebih luas.
 
Gambar 3. Beberapa Tipe Disturbance
Disturbance kecil dan besar (small/large disturbance) secara lebih spesifik diklasifiksikan dalam gambar 3. Small disturbance seringkali tidak membutuhkan respon proteksi sistem daya, namun kadangkala direspon oleh sistem kontrol (stability enhancement).  Sedangkan large disturbance hampir selalu membutuhkan respon dari sistem proteksi.

Paiton, 5 Dec 2018 19.45

No comments:

Post a Comment